Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Kecerdasan Emosional (Eq) Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 20 Surabaya

Devina, Nur Oktaviani (2022) Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Kecerdasan Emosional (Eq) Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 20 Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Wijaya Putra.

[thumbnail of Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Kecerdasan Emosional (Eq) Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 20 Surabaya] Text (Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Kecerdasan Emosional (Eq) Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 20 Surabaya)
0121000000014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan kecerdasan emosional (EQ) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Surabaya. Teori utama yang digunakan adalah teori pola asuh Baumrind yang telah diadaptasi oleh Rachmansyah (2017). Pola asuh terbagi menjadi tiga, yakni: otoriter, demokratis, dan permisif. Sedangkan kecerdasan emosional menggunakan teori Goleman yang diadaptasi oleh Rahmatullah (2020). Kecerdasan emosional yang dimaksud adalah kemampuan individu dalam mengetahui penyebab munculnya emosi dan mengendalikan perasaan diri sendiri maupun orang lain, serta bagaimana individu menjalin hubungan yang baik dengan lingkungan sekitar. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII sekolah menengah pertama dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 335 siswa. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner yaitu pola asuh orang tua yang terdiri dari 48 butir dan kecerdasan emosional yang terdiri dari 54 butir. Analisis data menggunakan uji spearman rank dengan bantuan program statistik SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis pola asuh orang tua yang dominan di SMP Negeri 20 Surabaya yakni pola asuh demokratis dengan persentase 58%. Sedangkan tingkat kecerdasan emosional siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 20 Surabaya dikategorikan rendah dengan persentase 29% (96 responden). Berdasarkan hasil uji korelasi, menunjukkan bahwa nilai pola asuh otoriter (p = 0,037 < 0,05); pola asuh demokratis (p = 0,001 < 0,05) dan pola asuh permisif (p = 0,012 < 0,05) memiliki hubungan yang signifikan antara pola asuh dengan kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Surabaya.
Kata kunci: pola asuh orang tua, kecerdasan emosional, siswa SMP

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pola asuh orang tua, kecerdasan emosional, siswa SMP
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Department: S1 - Psikologi
Depositing User: Perpustakaan UWP
Contributors:
Contribution
Name
NIDN
Email
Thesis advisor
Starry, Kireida Kusnadi
0718078901
Date Deposited: 07 May 2025 16:05
Last Modified: 07 May 2025 16:05
URI: https://repository.uwp.ac.id/id/eprint/2690

Actions (login required)

View Item
View Item