Hubungan antara Stress Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Full Day School di SD Al Kautsar Kota Surabaya

Rezka, Malinda Ayu Sakti (2019) Hubungan antara Stress Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Full Day School di SD Al Kautsar Kota Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Wijaya Putra.

[thumbnail of Hubungan antara Stress Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Full Day School di SD Al Kautsar Kota Surabaya] Text (Hubungan antara Stress Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Full Day School di SD Al Kautsar Kota Surabaya)
0121000000001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara stress belajar dengan prestasi belajar siswa full day school di SD kota Surabaya. Stress belajar yang dimaksud adalah tekanan yang dihadapi anak berkaitan dengan sekolah yang berdampak pada kesehatan fisik, psikis dan performansi belajarnya. Sehingga terdapat 1 hubungan yang diselidiki di dalam penelitian ini yaitu korelasi antara stress belajar dengan prestasi belajar. Penelitian ini dilakukan pada anak sekolah dasar dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 146 siswa, terdiri atas 86 laki-laki dan 60 perempuan yang meliputi kelas 4 & 5 SD. Alat pengumpulan datanya berupa kuesioner stress belajar yang terdiri dari 30 butir dan rekap nilai rapor PAS (penilaian akhir semester) selama 1 tahun. Analisis datanya dilakukan dengan teknik statistik korelasi product moment dari pearson dengan bantuan program SPSS (statistical product and service solution) 21. Dari analisis data penelitian diperoleh nilai korelasi antara stress belajar dengan prestasi belajar sebesar 0,163 dengan p sebesar 0,488. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara stress belajar dengan prestasi belajar. Artinya semakin tinggi stress belajar maka akan semakin rendah prestasi belajar siswa full day school di SD kota Surabaya dan begitu pula sebaliknya semakin rendah stress belajar maka akan semakin tinggi prestasi belajar siswa full day school di SD kota Surabaya tersebut.
Kata kunci: stress belajar, prestasi belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: stress belajar, prestasi belajar
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Department: S1 - Psikologi
Depositing User: Perpus UWP .
Contributors:
Contribution
Name
NIDN
Email
Thesis advisor
Nur, Irmayanti
0715028902
Date Deposited: 07 May 2025 06:53
Last Modified: 07 May 2025 06:56
URI: https://repository.uwp.ac.id/id/eprint/2598

Actions (login required)

View Item
View Item