Maksimus, Tundung (2023) Pengaruh Perilaku Bullyng Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Smp Wijaya Putra Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Wijaya Putra.
![[thumbnail of Pengaruh Perilaku Bullyng Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Smp Wijaya Putra Surabaya]](https://repository.uwp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
0121000000042.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara perilaku bullying terhadap motivasi belajar pada siswa SMP Wijaya Putra Surabaya. Bullying atau penindasan adalah tindakan intimidasi yang dilakukan pihak yang lebih kuat terhadap pihak yang lemah, dilakukan dengan sengaja dan bertujuan untuk melukai korbannya baik secara fisik maupun secara emosional. Sedangkan motivasi belajar adalah dorongan yang timbul baik dari dalam maupun luar diri siswa, yang mampu mennimbulkan semangat dan kegairahan belajar serta memberikan arah pada kegiatan belajar sehingga mencapai tujuan yang di kehendaki. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS 22. Kuisioner yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner perilaku bullying dan kuisioner motivasi belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Wijaya Putra Surabaya yang berjumlah 144. Dari hasil uji regresi linier sederhana menghasilkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 artinya ada pengaruh yang signifikan antara perilaku bullying terhadap motivsi belajar siswa. Hasil uji koefisiensi determinasi menunjukkan nilai r square sebesar 0,253 artinya perilaku bullying mempengaruhi motivasi belajar siswa sebesar 25,3 % dan 76,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar dari penelitian.
Kata Kunci: Bullying, motivasi belajar, siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bullying, motivasi belajar, siswa |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Department: | S1 - Psikologi |
Depositing User: | Perpus UWP . |
Contributors: | Contribution Name NIDN Email |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 04:17 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 04:18 |
URI: | https://repository.uwp.ac.id/id/eprint/2472 |