Indra, Rosyida (2016) Pengaruh Harga, Kepercayaan Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Berbelanja Online Studi Pada Konsumen Online Shop Wilayah Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Wijaya Putra.
![[thumbnail of Pengaruh Harga, Kepercayaan Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Berbelanja Online Studi Pada Konsumen Online Shop Wilayah Surabaya]](https://repository.uwp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
0110000002127.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perubahan gaya hidup yang saat ini dijalani oleh masyarakat luas, dimana peranan internet telah banyak menjamur dikalangan masayarakat sehingga diikuti dengan menjamurnya online shop atau toko yang menjualkan barang atau jasanya secara online melalui media internet. Penelitian ini mencoba mengetahui faktor – faktor yang keloyalan konsumen dalam melakukan belanja secara online khususnya konsumen online shop wilayah Surabaya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh masing – masing variabel, Harga (X1), kepercayaan (X2) dan kepuasan konsumen (X3) terhadap loyalitas konsumen (Y). Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 100 orang responden konsumen yang pernah melakukan belanja secara online minimal 3kali transaksi dengan menggunakan metode Accidental Sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing – masing variabel. Kemudian dilakukan analisis terhadap data – data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis melalui uji F dan uji t serta uji analisis koefisien determinasi (R2). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data – data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Hasil analisis Y = 1.868 + 0.010 X1 + 0.229 X2 + 0.311 X3 + 0.865 mendapatkan bahwa ketiga faktor harga, kepercayaan dan kepuasan konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa 2 variabel yakni variabel kepercayaan dan kepuasan konsumen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen loyalitas konsumen. sedangkan variabel harga tidakberpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel harga, kepercayaan dan kepuasan konsumen berpengaruh signifikan secara bersama – sama dalam loyalitas konsumen. Angka Adjusted R square sebesar 0.453 menunjukkan bahwa 45.3% variasi loyalitas konsumen bisa dijelaskan oleh keempat variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 54.7% dijelaskan oleh variabel lain diluar keempat variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Kata kunci : Harga, Kepercayaan, Kepuasan Konsumen, dan Loyalitas Konsumen
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Harga, Kepercayaan, Kepuasan Konsumen, dan Loyalitas Konsumen |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Department: | S1 - Manajemen |
Depositing User: | Perpus UWP . |
Contributors: | Contribution Name NIDN Email |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 04:08 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 04:09 |
URI: | https://repository.uwp.ac.id/id/eprint/496 |