Peningkatan Kinerja Ekspor Usaha Souvenir Melalui Penguatan Manajemen, Pembuatan Website Pemasaran Dan Teknologi

Nugroho, Mardi Wibowo and Yuyun, Widiastuti and Siswadi, Siswadi (2017) Peningkatan Kinerja Ekspor Usaha Souvenir Melalui Penguatan Manajemen, Pembuatan Website Pemasaran Dan Teknologi. In: Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat 2017 , 30 Agustus 2017 , Malang.

[thumbnail of Peningkatan Kinerja Ekspor Usaha Souvenir Melalui Penguatan Manajemen, Pembuatan Website Pemasaran Dan Teknologi] Text (Peningkatan Kinerja Ekspor Usaha Souvenir Melalui Penguatan Manajemen, Pembuatan Website Pemasaran Dan Teknologi)
PROSIDING NUGROHO MW UNIKAMA 2017 - Nugroho Mardi Wibowo.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan program pengadian kepada masyarakat ini adalah memacu pertumbuhan ekspor produk souvenir UKM di Kabupaten Jombang yaitu UKM “Whisnu” dan “Java Fiber” melalui peningkatan kualitas produk dan mempercepat alih teknologi dan manajemen. Adapun target luaran yang diharapkan dari program ini adalah: (i) tersedianya mesin oven pengering untuk UKM “Whisnu” dan UKM “Java Fiber” masing-masing 1 (satu) unit; (ii) bertambahnya keragaman desain produk sebanyak 3 desain baru; (iii) meningkatnya kualitas administrasi keuangan dengan tambahan 1 unit program pembukuan sederhana; (iv) meningkatnya omset penjualan 14% pertahun; (v) pasar ekspor bertambah 1 negara; (vi) masing-masing mitra memiliki website pemasaran. Berdasarkan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, diperoleh beberapa hasil. Pertama, dengan ketersedianya ruang oven bahan cetakan/kapelan mitra-1 “Whisnu”. Kedua, tersedianya peralatan sablon kemasan produk bagi mitra-2 “Java Fiber”. Ketiga, dalam kegiatan program ini telah dilaksanakan Pameran Produk Mitra masing-masing mitra sebanyak 1 kali. Keempat, dihasilkannya 2 desain produk baru oleh mitra UKM-1 “Whisnu” dan 5 desain produk baru oleh mitra UKM-2 “Java Fiber”. Kelima, sudah tersedianya website pemasaran produk whisnucraft.com bagi mitra-1 “Whisnu” dan javafiber.com bagi mitra-2 “Java Fiber”. Keenam, sudah tersedianya katalog produk untuk kedua mitra yang berbasis online. Keenam, sudah masuknya data kedua mitra dalam database Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Ketujuh, adanya peningkatan omset penjualan mitra pertahun 14%. Kata Kunci: UKM Souvenir; Ekspor; Website Pemasaran; Jombang

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: UKM Souvenir; Ekspor; Website Pemasaran; Jombang
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Prosiding/Call for Papers
Depositing User: Mochamad Danny Rochman, A.Md. Lib., S.S.I.
Date Deposited: 17 Apr 2025 09:49
Last Modified: 17 Apr 2025 09:49
URI: https://repository.uwp.ac.id/id/eprint/2339

Actions (login required)

View Item
View Item