Pengaruh Mutu Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pdam Giri Tirta Di Kecamatan Cerme-Gresik

Arif, Mufti (2017) Pengaruh Mutu Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pdam Giri Tirta Di Kecamatan Cerme-Gresik. Undergraduate thesis, Universitas Wijaya Putra.

[thumbnail of Pengaruh Mutu Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pdam Giri Tirta Di Kecamatan Cerme-Gresik] Text (Pengaruh Mutu Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pdam Giri Tirta Di Kecamatan Cerme-Gresik)
0110000001478.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

perkembangan perokonomian suatu daerah akan meningkat seiring dengan peranpemerintah sebagai pelayan publik mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Salah satubadan usaha yang dimiliki pemerintah daerah adalah PDAM. Sebagai perusahaan yangdikelola pemerintah, PDAM di harapkan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginanmasyarkat. PDAM merupakan badan usaha milik daerah yang masuk kategoripenyelenggara pelayanan yang bersifat profit dengan tugasnya memberikan pelayanan airbersih kepada masyarakat pada suatu daerah. Adapun yang menjadi masalah penelitianini adalah Mutu produk dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggandi kecamatan cèrme-gresik ? penelitian ini mencoba mengetahui apa yang mempengaruhikepuasan pelanggan dalam menjadi pelanggan PDAM. Tujuan penelitian ini untukmenganalisis masing-masing variabel, mutu produk (X1), kualitas pelayanan (X),terhadap kepuasan pelanggan (Y). Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 100responden pelanggan pengguna PDAM di kecamatan Ceme dengan menggunakan metodepurposive sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masingvariabel. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yangberfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data-data yang memenuhi ujivaliditas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaanregresi linier. Hasil analisis Y= 7,372 + 0,061 X1 + 0,383X + 1,1981 mendapatkan bahwa daridua variabel mutu produk dan kualitas pelayanan, hanya variabel kualitas pelayanan yangmempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelangga. Pengujianhipotesis menggunakan uji t secara signifikan mempengaruhi variabel kepuasanpelanggan. 2 Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel mutu produk dan kualitaspelayanan berpengaruh signifikan secara bersama-sama dalam kepuasan pelanggan.Angka Adjusted R squere sebesar 0,288 menunjukkan bahwa 28,8 persen variasikepuasan pelanggan bisa dijelaskan oleh kedua variabel independen yang digunakandalam persamaan regresi linier. Sedangkan sisanya 71,2 persen dijelaskan oleh variabellain diluar kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Kata kunci : Mutu Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan 2

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Mutu Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan 2
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
H Social Sciences > HF Commerce
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Department: S1 - Manajemen
Depositing User: Perpus UWP .
Contributors:
Contribution
Name
NIDN
Email
Thesis advisor
Soenarmi, Soenarmi
0729104701
Date Deposited: 14 Apr 2025 07:39
Last Modified: 14 Apr 2025 07:41
URI: https://repository.uwp.ac.id/id/eprint/2147

Actions (login required)

View Item
View Item