Viodella, Yuscha Viranazya (2017) Analisis Pengaruh Experiential Marketing dan Relationship Marketing terhadap Customer Loyalty (Studi Kasus pada PT Lion Super Indo Satelit Utara, Surabaya). Undergraduate thesis, Universitas Wijaya Putra.
![[thumbnail of Analisis Pengaruh Experiential Marketing dan Relationship Marketing terhadap Customer Loyalty (Studi Kasus pada PT Lion Super Indo Satelit Utara, Surabaya)]](https://repository.uwp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
0110000001419.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Persaingan usaha dalam industri ritel saat ini semakin ketat, karena itu perlu adanya strategi yang diterapkan oleh perusahaan untuk menghadapi ancaman dan bertahan dalam persaingan-persaingan yang ada dalam industri ritel ini. Salah satu strategi yang dapat dilakukan perusahaan adalah menerapkan Experiential Marketing dan Relationship Marketing yang berorientasi pada loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Experiential Marketing, Relationship Marketing dan Customer Loyalty, mengetahui Experiential Marketing dan Relationship Marketing secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Customer Loyalty serta mengetahui Experiential Marketing dan Relationship Marketing secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Customer Loyalty pada PT Lion Super Indo Salelit Utara, Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh pelanggan PT Lion Super Indo Satelit Utara, Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 96 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa, secara simultan Experiential Marketing (X1) dan Relationship Marketing (X2) berpengaruh signifikan terhadap Customer Loyalty (Y), dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Secara parsial Experiential Marketing (X1) berpengaruh signifikan terhadap Customer Loyalty, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan koefisien regresi sebesar 0,287 dan Relationship Marketing (X2) berpengaruh signifikan terhadap Customer Loyalty (Y), dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan koefisien regresi sebesar 0,812. Kemampuan variabel Experiential Marketing (X1) dan Relationship Marketing (X2) dalam mempengaruhi Customer Loyalty (Y) adalah sebesar 91,8% sedangkan 8,2% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci : Experiential Marketing, Relationship Marketing, dan Customer Loyalty.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Experiential Marketing, Relationship Marketing, dan Customer Loyalty. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HA Statistics H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Department: | S1 - Manajemen |
Depositing User: | Perpus UWP . |
Contributors: | Contribution Name NIDN Email |
Date Deposited: | 27 Mar 2025 04:09 |
Last Modified: | 27 Mar 2025 04:10 |
URI: | https://repository.uwp.ac.id/id/eprint/1734 |