Mieldo, Riesal Aditiya (2017) Pengaruh Relationship Marketing Dan Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Dealer Yamaha Surya Inti Putra Cabang Wiyung. Undergraduate thesis, Universitas Wijaya Putra.
![[thumbnail of Pengaruh Relationship Marketing Dan Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Dealer Yamaha Surya Inti Putra Cabang Wiyung]](https://repository.uwp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
0110000001404.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi relationship marketing dan experiential marketing terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan pada bengkel dealer Yamaha Surya Inti Putra cabang Wiyung. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumennya. Responden penelitian ini adalah para pelanggan bengkel di dealer Yamaha dengan jumlah responden sejumlah 50 responden dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, sehingga pengambilan sampel dari populasi berdasarkan kriteria yang ditentukan oleh peneliti. Uji validitas instrumen menggunakan pearson product moment, sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan cronbach alpha. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa relationship marketing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai regresi 0,371 dan signifikansi t sebesar 0,004. Experiential marketing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai regresi 0,388 dan signifikansi t sebesar 0,003. Relationship marketing berpengaruh signifikan terhadap loyalitas dengan nilai regresi 0,325 dan signifikansi t sebesar 0,002. Secara tidak langsung relationship marketing berpengaruh signifikan terhadap loyalitas dengan nilai regresi sebesar 0,136 dan signifikansi F sebesar 0,000. Experiential marketing berpengaruh signifikan terhadap loyalitas dengan nilai regresi sebesar 0,334 dan signifikansi t sebesar 0,001. Secara tidak langsung experiential marketing berpengaruh signifikan terhadap loyalitas dengan nilai regresi sebesar 0,142 dan signifikansi F sebesar 0,000. Sedangkan kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas dengan memiliki nilai regresi sebesar 0,367 dan signifikansi t sebesar 0,001. Pada penelitian ini didapatkan hasil persamaan nilai Y1 dan Y2 sebagai berikut, Y1 = 0,371 X1 + 0,388 X2 + 0,61 dan Y2 = 0,325 X1 + 0,334 X2 + 0,367 Y1 + 0,322. Keywords : Relationship Marketing, Experiential marketing, Kepuasan, Loyalitas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Relationship Marketing, Experiential marketing, Kepuasan, Loyalitas |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Department: | S1 - Manajemen |
Depositing User: | Perpus UWP . |
Contributors: | Contribution Name NIDN Email |
Date Deposited: | 27 Mar 2025 04:16 |
Last Modified: | 27 Mar 2025 04:16 |
URI: | https://repository.uwp.ac.id/id/eprint/1731 |