Achmad, Arizal (2019) Pengaruh Motivasi Belajar dan Locus Of Control Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi (Studi pada Siswa Kelas X dan XI SMK Wijaya Putra Surabaya Tahun Ajaran 2018/2019). Undergraduate thesis, Universitas Wijaya Putra.
![[thumbnail of Pengaruh Motivasi Belajar dan Locus Of Control Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi (Studi pada Siswa Kelas X dan XI SMK Wijaya Putra Surabaya Tahun Ajaran 2018/2019)]](https://repository.uwp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
0120000000919.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui Pengaruh Locus of Control terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X dan XI jurusan Akuntansi SMK WIJAYA PUTRA SURABAYA Tahun Ajaran 2018/2019, 2) mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X dan XI jurusan Akuntansi SMK WIJAYA PUTRA SURABAYA Tahun Ajaran 2018/2019, 3) mengetahui Pengaruh Locus of Control dan Motivasi Belajar secara bersama sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X dan XI jurusan Akuntansi SMK WIJAYA PUTRA SURABAYA Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif. Penelitian ini menggunakan populasi dari Siswa Kelas X dan XI jurusan Akuntansi SMK WIJAYA PUTRA SURABAYA Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 80 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner dan dokumentasi. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMK GIKI 1 SURABAYA dengan N=30. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus AlphaCronbach’s. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji liniearitas dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana, regresi ganda, sumbangan relatif, dan sumbangan efektif. Hasil penelitian: 1) Locus of Control berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan rx1y = 0,428; r2 x1y = 0,183; thitung = 4.182 > ttabel = 0,677 dan taraf signifikansi 5%. 2) Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan rx2y = 0,298; r2 x2y = 0,089; thitung = 2.754 > ttabel = 1,678 dan taraf signifikansi 5%. 3) Locus of Control dan Motivasi Belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan Ry(1,2) = 0,504; R2 y(1,2) = 0,254; Fhitung = 13,099 > Ftabel = 3,12 dan taraf signifikansi 5%. Locus of Control memberikan sumbangan relatif sebesar 60% dan Motivasi Belajar sebesar 40%. Sumbangan efektif dari variabel Locus of Control sebesar 14,2% dan Motivasi Belajar sebesar 10,1%.
Kata Kunci : Locus Of Control, Motivasi Belajar , Prestasi Belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Locus Of Control, Motivasi Belajar , Prestasi Belajar siswa |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HA Statistics H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting H Social Sciences > HM Sociology H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Department: | S1 - Akuntansi |
Depositing User: | Perpus UWP . |
Contributors: | Contribution Name NIDN Email |
Date Deposited: | 23 Mar 2025 19:28 |
Last Modified: | 23 Mar 2025 19:29 |
URI: | https://repository.uwp.ac.id/id/eprint/1452 |