Joko, Dwiyanto (2017) Pengaruh Periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Cat No Drop Merek Avian Brands Pada Pt. Tirtakencana Tatawarna Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Wijaya Putra.
![[thumbnail of Pengaruh Periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Cat No Drop Merek Avian Brands Pada Pt. Tirtakencana Tatawarna Surabaya]](https://repository.uwp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
0110000001551.pdf
Restricted to Registered users only
Download (634kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilakukan peneliti karena adanya beberapa latar belakang, antaranya kebutuhan pasar dan ingin meningkatkan nilai penjualan produk cat No drop ke pihak toko maupun retail. PT. Tirtakencana tatawarna adalah suatu distributor bahan bangunan yang menyiapkan berbagai macam bahan bangunan yang dibutuhkan oleh konsumen, salah satunya adalah cat No drop. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah “apakah periklanan dan promosi penjualan berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam pembelian cat No drop?” peneliti ingin mengetahui apakah periklanan(X1) dan promosi penjualan(X2) berpengaruh terhadap keputusan konsumen(Y). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, yang melibatkan 50 responden, calon konsumen di PT.Tirtakencana tatawarna. Untuk menarik konsumen, PT.Tirtakencana tatawarna banyak mengadakan promo dan sering juga menayangkan iklan di televisi maupun brosur supaya calon konsumen melakukan pembelian. Teknik analisa data yang digunakan peneliti adalah analisi regresi linier berganda, yang berfungsi untuk membuktikan hepotesis penelitian. Data – data yang telah memenuhi uji validitas, uji realiabilitas dan uji asumsi klasik yang diolah shingga menghasilkan persamaan regresi linier, hasil analisis menyatakan bahwa dari dua variabel periklanan dan promosi penjualan , variabel yang hanya memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen adalah promosi penjualan. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa satu variabel bebas (promosi penjualan) yang diteliti telah terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel terikat yaitu keputusan konsumen. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel periklanan dan promosi penjualan secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen. Sedangkan untuk variabel X2 (Promosi penjualan) berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dengan nilai sebesar 0,02. Adapun pengaruh secara parsial variabel X1 (Periklanan) berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dengan nilai sebesar 0,08. Kata Kunci : Pengaruh Periklanan, Promosi Penjualan, dan keputusan pembelian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Periklanan, Promosi Penjualan, dan keputusan pembelian |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Department: | S1 - Manajemen |
Depositing User: | Perpus UWP . |
Contributors: | Contribution Name NIDN Email |
Date Deposited: | 16 Mar 2025 16:44 |
Last Modified: | 16 Mar 2025 16:44 |
URI: | https://repository.uwp.ac.id/id/eprint/1008 |