Analisis Keuntungan Usaha Pedagang Sayur Eceran (Studi Kasus Di Pasar Asem Simo Surabaya)

Odiliani, Ayu (2020) Analisis Keuntungan Usaha Pedagang Sayur Eceran (Studi Kasus Di Pasar Asem Simo Surabaya). Undergraduate thesis, Universitas Wijaya Putra.

[thumbnail of Analisis Keuntungan Usaha Pedagang Sayur Eceran  (Studi Kasus Di Pasar Asem Simo Surabaya)] Text (Analisis Keuntungan Usaha Pedagang Sayur Eceran (Studi Kasus Di Pasar Asem Simo Surabaya))
0510000000397.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB) | Request a copy

Abstract

Subsistem pemasaran merupakan kegiatan yang sangat penting dalam agribisnis, karena berhubungan dengan pasar, secara sederhana pasar merupakan salah satu lembaga yang paling penting dalam institusi ekonomi. Pasar Simo merupakan pasar tradisional modren yang pengelolaanya dilakukan oleh perusahaan PD. Pasar Surya diatas lahan seluas 7 Ha. Pasar ini terdiri dari pasar basah yang menjual sayuran, buah, ikan, daging dan pasar kering yang menjual busana, elektronik serta kuliner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pedagang yang paling banyak yaitu sayuran sebesar 750 pedagang, kemudian ikan 90 pedagang, buah 80 pedagang, sembako 30 pedagang dan kuliner 30 pedagang. Pedagang sayur yang berjualan di Pasar Simo merupakan pedagang baru dan juga pedagang yang berasal dari berbagai macam pindahan pasar, seperti pasar Sentral dan lain – lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa apakah lokasi, keamanan, harga sewa dan fasilitas berpengaruh keputusan pedagang memilih pasar Simo dan untuk mengetahui apakah ada perbedaan pendapatan pedagang sebelum dan sesudah berjualan di pasar Simo. Pada penelitian ini menggunakan metode penentuan lokasi secara puposive (sengaja), metode penarikan sampel dengan teknik sampling bertujuan (purposive sampling), metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara serta observasi langsung, dan metode analisis data menggunkan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan uji f (serempak) dan uji t (parsial) untuk melihat pengaruh masing – masing variabel dan uji paired sample test untuk melihat perbedaan pendapatan sebelum dan sesudah berjualan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dari Uji F dapat dilihat bahwa Sig 0,000 < 0,05 sehingga tolak H0 dan terima H1. Artinya variabel bebas lokasi (X1), keamanan (X2), harga sewa (X3), dan fasilitas (X4) berpengaruh secara nyata dan signifikan terhadap variabel terikat yaitu keputusan pedagang (Y). Uji T menunjukkan lokasi memiliki nilai Sig 0,000< 0,05 sehingga tolak H0 dan terima H1. Sedangkan keamanan (X2), dan harga sewa (X3), dan fasilitas (X4) memiliki nilai sig > 0,05 sehinga Terima Ho. Uji paired sample test disimpulkan 0,000 < 0,05 maka terima H1. Artinya terdapat perbedaan pendapatan sebelum dan sesudah berjualan di Pasar Simo.
Kata Kunci : Pedagang Sayur, Pasar, Pendapatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pedagang Sayur, Pasar, Pendapatan
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Department: S1 - Agribisnis
Depositing User: Perpustakaan UWP
Contributors:
Contribution
Name
NIDN
Email
Thesis advisor
Ramon, Syahrial
0716126702
Date Deposited: 22 May 2025 09:53
Last Modified: 22 May 2025 09:54
URI: https://repository.uwp.ac.id/id/eprint/3014

Actions (login required)

View Item
View Item