Hilarius, Papun (2012) Analisis Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Barang Terhadap Efektivitas Kinerja Karyawan Pada CV. Sahabat Baru Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Wijaya Putra.
![[thumbnail of Analisis Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Barang Terhadap Efektivitas Kinerja Karyawan Pada CV. Sahabat Baru Surabaya]](https://repository.uwp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
0120000000361.pdf
Restricted to Registered users only
Download (588kB) | Request a copy
Abstract
Perusahaan yang mana fungsi dan aplikasi yang terlibat di dalamnya antara lainadalah fungsi penerimaan barang, pergudangan, penjualan, penagihan, utang,penerimaan dan pengeluaran uang kas. Perusahaan dalam melakukan pemesanandan pembelian barang harus dengan perencanaan yang cermat dan matangsehingga akan memperoleh atau mendapatkan barang dengan harga yang sesuaidan kualitas yang baik. Dalam hal tersebut dibutuhkan sistem akuntansipembelian yang baik dan memiliki pengendalian intern yang baik pula. Untuk memenuhi dan memberikan pelayanan prima atau terbaik kepada para pelanggan(customer), tentu diperlukan pertumbuhan atau peningkatan di segala aspekperusahaan, termasuk pada aspek informasi dan karyawan karena perkembangan perusahaan akan tercapai bila didukung oleh manajemen sistem informasi danstaff yang cakap dan potensial. Dan tentunya, untuk mendapatkan salah satuinformasi penting yang akurat diperlukan sebuah Sistem Informasi Akuntansi. Salah satu sistem yang digunakan tersebut adalah Sistem Informasi AkuntansiPembelian. Sistem Informasi Akuntansi Pembelian mencakup seluruh tahappemrosesan Pembelian dan pelaporan kepegawaian. Dengan Sistem Informasi Akuntansi Pembelian yang tepat, akuntabel, transparan dan sesuai dengan aturanyang ditetapkan, akan memposisikan karyawan sesuai dengan porsinya sehinggadapat meningkatkan motivasi kerja karyawan dan efektivitas kinerja karyawan pun akan tercapai. Namun permasalahan yang sering timbul pada perusahaanadalah penilaian efektivitas kinerja karyawan tidak dikaitkan dengan SistemInformasi Akuntansi Pembelian secara optimal sehingga efektivitas kinerjakaryawan menjadi tidak maksimal, karena nilai kerja karyawan, baik atau buruktidak berimbas pada gaji. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah :1) Fungsi apa saja yang terkait dalam sistem pembelian barang pada perusahaanCV. Sahabat Baru Surabaya ? 2) Bagaimana pengaruh sistem Informasi AkuntansiPembelian terhadap efektivitas kinerja karyawan pada perusahaan CV. SahabatBaru Surabaya ? Lokasi kajian dalam penelitian ini adalah perusahaan CV. Sahabat Baru Surabaya. Metode pengumpulan data menggunakan 1)Dokumentasi, 2) Wawancara, sedangkan metode analisis data yang digunakanadalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh antara lain adalah pemaparan mengenai elemen-elemen yang terkandung dalam SistemAkuntansi Pembelian Barang yang meliputi fungsi-fungsi terkait, formulir dandokumen yang digunakan, juga memaparkan tentang aplikasi Sistem InformasiAkuntansi Pembelian dengan semua unsur-unsur yang terkandung di dalamnya.Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem Informasi AkuntansiPembelian tidak diterapkan secara optimal sehingga tidak berpengaruh efektif terhadap kinerja karyawan baik buruk kinerja karyawan tidak berpengaruh padapembelian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi Akuntansi, Pembelian Barang, Efektivitas Kinerja Karyawan CV. Sahabat Baru Surabaya |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics H Social Sciences > HC Economic History and Conditions L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Department: | S1 - Akuntansi |
Depositing User: | Perpustakaan UWP |
Contributors: | Contribution Name NIDN Email |
Date Deposited: | 16 May 2025 06:43 |
Last Modified: | 16 May 2025 06:44 |
URI: | https://repository.uwp.ac.id/id/eprint/2855 |