Efektivitas Token Economy Terhadap Peningkatan Rentang Fokus Pada Anak Dengan Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas

Yesi, Septiana Ayu Lestari (2023) Efektivitas Token Economy Terhadap Peningkatan Rentang Fokus Pada Anak Dengan Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas. Undergraduate thesis, Universitas Wijaya Putra.

[thumbnail of Efektivitas Token Economy Terhadap Peningkatan Rentang Fokus Pada Anak Dengan Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas] Text (Efektivitas Token Economy Terhadap Peningkatan Rentang Fokus Pada Anak Dengan Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas)
0121000000031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah token economy efektif terhadap peningkatan rentang fokus pada anak dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas. Token economy dimaksud adalah pemberian stiker. Rentang fokus pada anak dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas tergolong pendek sehingga kemampuan menyelesaikan tugas rendah, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan rentang fokus pada anak dengan gangguan pemusatan perhatian dan aktifitas setelah pemberian token economy. Penelitian dilakukan pada anak usia sekolah dasar yaitu 7 – 12 tahun dengan jumlah subjek penelitian 2 orang anak laki-laki dengan kriteria gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, alat pengumpulan data berupa observasi yang dilakukan saat subjek mengerjakan tugas. Analisis data dilakukan dengan metode SSR (Single Subject Research) dengan desain A-B-A. Desain subjek tunggal yang berfokus pada data individu sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rentang fokus pada 2 anak dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas. Hal ini dapat dilihat dari adanya rentang fokus sebelum dan sesudah intervensi yaitu dari kondisi baseline 1, intervensi dan baseline 2. Pada subjek A peningkatan rentang fokus dari rentang 19-20 sampai rentang 23-33. Pada subjek H peningkatan rentang fokus dari rentang 15-16 sampai rentang 17-30. Hal ini menunjukkan bahwa teknik token economy efektif dalam meningkatkan rentang fokus pada anak dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas.
Kata kunci: token economy, rentang fokus, GPPH

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: token economy, rentang fokus, GPPH
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Department: S1 - Psikologi
Depositing User: Perpus UWP .
Contributors:
Contribution
Name
NIDN
Email
Thesis advisor
Ardianti, Agustin
0708088703
Date Deposited: 23 Apr 2025 07:20
Last Modified: 23 Apr 2025 07:25
URI: https://repository.uwp.ac.id/id/eprint/2474

Actions (login required)

View Item
View Item