Pengaruh Cyberbullying Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Sma Wijaya Putra

Yuvensius, Derman (2023) Pengaruh Cyberbullying Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Sma Wijaya Putra. Undergraduate thesis, Universitas Wijaya Putra.

[thumbnail of Pengaruh Cyberbullying Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Sma Wijaya Putra] Text (Pengaruh Cyberbullying Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Sma Wijaya Putra)
0121000000043.pdf
Restricted to Registered users only

Download (925kB) | Request a copy

Abstract

Remaja merupakan individu dalam fase peralihan dari anak-anak menuju dewasa, pada fase ini remaja akan dihadapkan dengan berbagai macam persoalan, baik persoalan internal maupun eksternal. Salah satu permasalahan yang dihadapi remaja saat ini yaitu kenakalan remaja dalam media sosial yang berbentuk cyberbullying. Fenomena cyberbullying sudah bukan hal baru lagi dikalangan remaja sekarang ini. Tanpa disadari bahwa cyberbullying dapat berdampak pada aspek kehidupan remaja, salah satunya adalah pada tingkat kepercayaan diri remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Antara Cyberbullying dengan Kepercayaan Diri Pada Siswa SMA Wijaya Putra. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga Subjek dalam penelitian ini sebanyak 125 siswa kelas X SMA Wijaya Putra. Kuisioner yang digunakan pada peneltian ini adalah cyberbullying dan kepercayaan diri adaptasi dari penelitian terdahulu. Hasil pengujian hipotesis memperoleh hasil sig. P=0.202(>P=0.05) Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima, Artinya tidak ada pengaruh yang signifikan antara cyberbullying dengan kepercayaan diri, meskipun demikian jika dilihat dari nilai R square sebesar 0.135 maka dapat diartikan bahwa cyberbullying dengan kepercayaan diri masih memiliki pengaruh sebesar 13,5%, Selebihnya 86,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Seperti faktor dari konsep diri, pola asuh, body image dan bahkan media sosial tiktok. Bila dilihat dari hasil kategorirsasi, didapati hasil bahwa pada variabel cyberbullying sebesar 72% masuk pada kategori tinggi, sedangkan pada variabel kepercayaan diri, 58,8% masuk pada kategori sedang. Hal ini dapat diartikan bahwa sejauh ini kepercayaan diri subjek penelitian masih dapat dikatakan cukup sehingga tidak terpengaruh secara signifikan oleh cyberbullying, meskipun hasil kategorisasi pada cyberbullying tergolong tinggi.
Kata kunci: cyberbullying, kepercayaan diri, siswa SMA Wijaya Putra

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: cyberbullying, kepercayaan diri, siswa SMA Wijaya Putra
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Department: S1 - Psikologi
Depositing User: Perpus UWP .
Contributors:
Contribution
Name
NIDN
Email
Thesis advisor
Aironi, Zuroida
0710118702
Date Deposited: 23 Apr 2025 04:26
Last Modified: 23 Apr 2025 04:28
URI: https://repository.uwp.ac.id/id/eprint/2473

Actions (login required)

View Item
View Item