Efektivitas Faktor Kesulitan Belajar Matematika Yang Dialami Oleh Siswa Kelas Iv Di Mi H. Acmad Ali Sememi

Mochamad, Choirudin (2023) Efektivitas Faktor Kesulitan Belajar Matematika Yang Dialami Oleh Siswa Kelas Iv Di Mi H. Acmad Ali Sememi. Undergraduate thesis, Universitas Wijaya Putra.

[thumbnail of Efektivitas Faktor Kesulitan Belajar Matematika Yang Dialami Oleh Siswa Kelas Iv Di Mi H. Acmad Ali Sememi] Text (Efektivitas Faktor Kesulitan Belajar Matematika Yang Dialami Oleh Siswa Kelas Iv Di Mi H. Acmad Ali Sememi)
0121000000046.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kesulitan matematika adalah kesenjangan antara kemampuan aktual dan prestasi dalam tiga bidang akademik dasar aritmatika. Faktor penyebab kesulitan dalam menguasai ilmu berhitung berasal dari faktor dalam diri siswa dan dari variabel alam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor pengaruh kesulitan belajar matematika yang dialami oleh siswa, dan untuk mengetahui tingkatan faktor yang menyebabkan kesulitan belajar yang dialami oleh siswa MI H. Achmad Ali Sememi. Tipe penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MI H. Achmad Ali Sememi, dengan Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas IV A dan IV B yang berjumlah 45 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan memberikan intrumen angket faktor kesulitan belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) indikator tertinggi pada faktor kesulitan belajar matematika yang dialami oleh siswa ialah terdapat pada indikator motivasi belajar dengan nilai 66 dengan persentase 11,8%. (2) sedangkan indikator terrendah terdapat pada indikator upaya mengatasi kesulitan dengan nilai 25 dengan persentase 4,5%.
Kata Kunci: kesulitan belajar matematika, faktor kesulitan belajar, siswa sekolah dasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kesulitan belajar matematika, faktor kesulitan belajar, siswa sekolah dasar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Department: S1 - Psikologi
Depositing User: Perpus UWP .
Contributors:
Contribution
Name
NIDN
Email
Thesis advisor
Nur, Irmayanti
0715028902
Date Deposited: 22 Apr 2025 03:34
Last Modified: 22 Apr 2025 03:36
URI: https://repository.uwp.ac.id/id/eprint/2465

Actions (login required)

View Item
View Item