Holilur, Rohman (2014) Evaluasi Kebijakan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Sekolah di SDN Sendang Laok Kecamatan Labang Kabupaten Bangkalan. Undergraduate thesis, Universitas Wijaya Putra.
![[thumbnail of Evaluasi Kebijakan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Sekolah di SDN Sendang Laok Kecamatan Labang Kabupaten Bangkalan]](https://repository.uwp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
0410000001471.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan merupakan hal yang sangatmenunjang atas tercapainya suatu tujuan dari pendidikan, sebagai seorangpersonal pendidikan kita dituntut untuk menguasi dan memahami standarpengelolaan sarana dan prasarana, untuk meningkatkan daya kerja yang efektifdan efisien serta mampu menghargai etika kerja sesama personal pendidikan,sehingga akan tercipta keserasian, kenyamanan yang dapat menimbulkankebanggaan dan rasa memiliki baik dari warga sekolah maupun warga masyarakatsekitarnya. Standar pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan agar prosespendidikan dapat berjalan secara efektif dan efisien. Sarana dan prasaranamerupakan salah satu faktor yang harus dipenuhi sebagai syarat bagi SD yangberkualitas serta berpredikat berprestasi baik prestasi bidang akademik maupunnon akdemik. Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan NasionalNomor 40 Tahun 2008 yang mengatur tentang standar sarana dan prasaransekolah menengah.Proses penelitian kualitatif supaya dapat mengahasilkan temuan yangbenar-benar bermanfaat memerlukan perhatian yang serius terhadap berbagai halyang dipandang perlu. Dalam memperbincangkan proses penelitian kualitatifpaling tidak tiga hal yang perlu diperhatikan, yaitu kedudukan teori, metodologipenelitian dan desain penelitian kualitatif.Pelaksanaan pengadaan barang di SD Negeri Sendang Laok dilakukanoleh tim-tim yang bertugas didalamnya antara lain, tim bagian pembelian bertugasmendaftar dan memeriksa barang-barang yang dibutuhkan sekolah, timpenerimaan bertugas dalam proses inventarisasi barang yang telah dibeli olehbagian pembelian serta mendistribusikan barang ke bagian penyimpanan, danyang terakhir yaitu tim penyimpanan yang bertugas mendistrubusikan barang ketempat masing-masing sesuai dengan bidangnya. Penggunaan sarana danprasarana dalam kegiatan belajar mengajar sangat bervariatif, semua sarana danprasarana dapat dijadikan sebagai alat atau media kegiatan belajar mengajartergantung dari strategi atau metode yang digunakan guru dalam mengajar, selainitu faktor materi pelajaran juga menentukan berkaitan dengan penggunaan saranadan prasarana. Dalam proses pemeliharaan barang di SD Negeri Sendang LaokKecamatan Labang diserahkan kepada pihak-pihak yang bertanggung jawab padamasing-masing sarana. Proses ini menyangkut pendistribusian, penggunaan danpeminjaman sarana dan prasarana oleh warga sekolah yang membutuhkannya,pentataletakan sarana dan prasarana sesuai dengan tempatnya, serta perawatansarana dan prasarana agar dapat berhasil guna dengan baik.
Kata Kunci : Evaluasi Kebijakan, Sarana dan Prasarana Sekolah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Kebijakan, Sarana dan Prasarana Sekolah |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara |
Department: | S1 - Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Perpus UWP . |
Contributors: | Contribution Name NIDN Email |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 06:40 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 06:42 |
URI: | https://repository.uwp.ac.id/id/eprint/2457 |