Gaspar, Hane (2014) Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru (Studi Kasus Di Sdn Balongsari L - Surabaya). Undergraduate thesis, Universitas Wijaya Putra.
![[thumbnail of Gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru (studi kasus di Sdn balongsari l - surabaya)]](https://repository.uwp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
0410000001463.pdf
Restricted to Registered users only
Download (827kB) | Request a copy
Abstract
Meneliti guru sebagai salah seorang pelaksana pendidikan di sekolahdiperlukan. Tidak jarang ditemukan guru yang kurang memilikigairah dalammelakukan tugasnya, yang berakibat kurang berhasilnya tujuan yangingin dicapai.Hal itu disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalahkurangnya motivasiguru dalam bekerja. Motivasi dapat dipandang sebagai energidalam diri seseorangyang ditandai oleh munculnya feeling dan didahului dengantanggapan terhadapadanya tujuan. dan sebagai Kepala Sekolah yang salah satufungsinya sebagaimotivator haruslah mampu meningkatkan motivasi kerjabawahannya. Adabeberapa cara yang dapat dilakukan oleh seorang pemimpin.Cara itu mencerminkan gaya atau tipe kepemimpinan yangdijalankan.Penelitian ini dilakukan di SDN Balongsari IYang bertujuanuntukmengetahui pengaruh antara gaya kepemimpinan kepala sekolahterhadapmotivasi kerja guru di SDN Balongsari I.Adapun variabel dalampenelitian ini yaitu gaya kepemimpinan kepalasekolah sebagai variabel bebas (X)yang mencakup gaya Otoriter, Laissez-fairedan Demokratis seperti yangdikembangkan oleh Ralph White dan Ronald Lippittsedangkan motivasi kerjaguru sebagai variable terikat (Y). Populasi dan sampeldalam penelitian ini adalahsemua guru SDN Balongsari I yaitu berjumlah 27 orang.Penelitian ini merupakan penelitian populasi dimana semua populasiyangada dijadikan sampel karena jumlahnya kurang dari 100. Tujuan penelitianiniadalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh gaya kepemimpinankepalasekolah terhadap motivasi kerja guru di SDN Balongsari I.Untukmembuktikan hipotesis dalam penelitian ini metode mengumpulandata yangdigunakan adalah tehnik angket, interview, observasi dan dokumen. Ujivaliditasmenggunakan tehnik korelasi product moment dari Pearson. Sedangkanujirelibialitas mengunakan tehnik Alpha dengan bantuan SPSS V 10.Selanjutnyauntuk mengetahui hasil data yang dikumpulkan dilakukan perhitungandenganmenggunakan tehnik regresi linier berganda.Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan tehnik regresilinierberganda bahwa sumbangan efektif penelitian sebesar (0.728 x 100% = 72,8%)yang artinya 72,8 % motivasi kerja guru dipengaruhi oleh gayakepemimpinankepala sekolah sedangkan sisanya yaitu 27,2% dipengaruhi olehfactor lain diluarpembahasan dari penelitian ini. Dan berdasarkan data yangterkumpul dan analisisdidapatkan hasil yang signifikan (44.662 dengansignifikansi sebesar 0.000 <0.05) artinya semakin tinggi gaya kepemimpinanmaka motivasi kerja semakinbaik.
Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Guru
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Guru |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara |
Department: | S1 - Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Perpus UWP . |
Contributors: | Contribution Name NIDN Email |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 04:29 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 04:33 |
URI: | https://repository.uwp.ac.id/id/eprint/2440 |