Evaluasi program sertifikasi bagi guru sekolah dasar di kecamatan burneh kabupaten bangkalan

Mohammad, Fathurrahman (2014) Evaluasi program sertifikasi bagi guru sekolah dasar di kecamatan burneh kabupaten bangkalan. Undergraduate thesis, Universitas Wijaya Putra.

[thumbnail of Evaluasi program sertifikasi bagi guru sekolah dasar di kecamatan burneh kabupaten bangkalan] Text (Evaluasi program sertifikasi bagi guru sekolah dasar di kecamatan burneh kabupaten bangkalan)
0410000001461.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kebijakan sertifikasi bagi guru dan dosen memang suatu langkah yangstrategis untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Secara formal,Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang SistemPendidikan Nasional, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005tentang Guru dan Dosen dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentangStandar Nasional Pendidikan menyatakan bahwa guru adalah tenaga profesional.Sebagai tenaga profesional, guru dipersyaratkan memiliki kualifikasi akademik S1(strata satu) atau D-4 (diploma empat) dalam bidang yang relevan dengan matapelajaran yang diampunya dan menguasai kompetensi sebagai agen pembelajaran.Tujuan sertifikasi guru tidak lain untuk menentukan kelayakan seorang guru dalammelaksakan tugas sebagai pendidik professional, meningkatkan proses dan hasilpembelajaran, meningkatkan kesejahtraan guru, serta meningkatkan mertabat guru.Guru merupakan salah satu factor yang berperan dalam peningkatan mutupendidikan, maka tidak heran jika peningkatan mutu pendidikan dimulai denganpeningkatan kualitas pendidik.Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif dengan menggunakanpendekatan kualitatif, Adapun sebagai obyek penelitian tentang implikasi progamsertifikasi guru SD dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di KecamatanBurneh Kabupaten Bangkalan, dan sebagai lokasi penelitian adalah sekolah SDyang ada di Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan.Konsistensi dalam komunikasi sertifikasi Guru SD di Kecamatan BurnehKabupaten Bangkalan juga baik. Dengan memakai acuan buku pedoman makapara pelaksana mampu menjaga kekonsitenan informasi dan melaksanakantugasnya dengan baik. Faktor ini meliputi staf, informasi, wewenang dan fasilitas.Komponen yang pertama adalah staf. Meskipun dari segi jumlah pelaksanasertifikasi Guru SD di Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan tidak terlalubanyak namun dengan bekal kemampuan yang dimiliki maka mereka mampumenyelesaikan pekerjaan tersebut. Secara umum kecenderungan pelaksana dalamimplementasi kebijakan Guru SD di Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalanadalah baik. Para pelaksana kebijakan sertifikasi ini memiliki sikap atau perspektifyang mendukung kebijakan sehingga proses implementasi kebijakan berjalanefektif. Adanya hubungan hierarkhi dan pembagian tanggung jawab yang tegas diantara personel menyebabkan struktur birokrasi menjadi efektif. Pelaksanaanpekerjaan juga dibarengi dengan pengawasan yang efektif. Dampak SertifikasiGuru terhadap Kualitas Pendidikan diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaansertifikasi guru mempunyai dampak yang positif dalam upaya meningkatkankualitas pendidikan di SD di Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan termasukbaik.
Kata Kunci : Evaluasi Program, Serifikasi dan Guru SD

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program, Serifikasi dan Guru SD
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Department: S1 - Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Perpus UWP .
Contributors:
Contribution
Name
NIDN
Email
Thesis advisor
Suprayoga, Suprayoga
0702096402
Date Deposited: 21 Apr 2025 04:13
Last Modified: 21 Apr 2025 04:15
URI: https://repository.uwp.ac.id/id/eprint/2438

Actions (login required)

View Item
View Item