Analisis Kualitas Pelayanan Publik di desa racikulon kecamatan sidayu kabupaten gresik

Sulisiani, Sulisiani (2013) Analisis Kualitas Pelayanan Publik di desa racikulon kecamatan sidayu kabupaten gresik. Undergraduate thesis, Universitas Wijaya Putra.

[thumbnail of Analisis Kualitas Pelayanan Publik di desa racikulon kecamatan sidayu kabupaten gresik] Text (Analisis Kualitas Pelayanan Publik di desa racikulon kecamatan sidayu kabupaten gresik)
0410000001456.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Berlakunya Undang-Undang 32 Tahun 2004 sebagai pengganti UndangundangNomor 22 tahun 1999 ini, merupakan kesempatan bagi daerahkabupaten/kota untuk mengatur sendiri pembentukan, kedudukan, kewenanganserta tugas pokok dan fungsi Desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat di daerahdan kemampuan daerah sehingga dapat berbeda antara daerah kabupaten/kotayang satu dengan yang lainnya. Daerah lebih leluasa dalam menentukan danmemberikan kewenangan kepada Desa dalam rangka memenuhi tuntutan,keinginan dan kebutuhan masyarakat, terlebih lagi penyelenggaraan pemerintahandi Desa banyak berkaitan langsung dengan pemberian pelayanan publik. Kualitaspelayanan di Desa diharapkan akan menjadi lebih baik dibandingkan pada saatpengaturan yang sentralistik. Sehingga diharapkan mampu selalu dapatberadaptasi dengan kemajuan yang begitu cepat dan tidak dapat diprediksi dalammemberikan pelayanan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat. Pelayanan yangpositif dan berkualitas, secara empirik pada satu sisi akan menciptakan kepuas an,kebahagian dan kesejahteraan masyarakat, yang pada gilirannya akan dapatmewujudkan tujuan pembangunan masyarakat. Demikian halnya Desa RacikulonKecamatan Sidayu Kabupaten Gresik, sebagai organisasi terdepan dalammenyelenggarakan tugas-tugas pemerintahan umum yang menjadi urusan rumahtangga daerah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayananpublik serta mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kualitas pelayananpublik di Desa Racikulon Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Dalam penelitianini menggunakan jenis penelitian survey deskriptif, maka jenis data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan induktif.Dari ke 15 (limabelas) indikator pengukuran kualitas pelayanan di KantorDesa Racikulon Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik yang termasuk dalamkategori baik adalah untuk indikator Keamanan Pelayanan, Keterbukaan dalamarti prosedur/tata cara Pelayanan, Efisien Pelayanan dan Keadillan yang meratadalam Pelayanan, sedangkan untuk indikator yang lainnya masih termasuk dalamkategori cukup baik. Berdasar hasil rekapitulasi rata-rata mean untuk seluruhindikator sebagai alat ukur kualitas pelayanan diperoleh nilai rata-rata mean yaitusebesar 3,35 Indikasi nilai rata-rata mean tersebut berada di interval antara 2,6 < x< 3,4 yang termasuk dalam kategori cukup baik. Dengan demikian bahwa kualitaspelayanan di Kantor Desa Racikulon Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik dapatdikatakan cukup baik.Berdasar hasil penelitian, bahwa faktor yang menjadi kendala dalammemberikan pelayanan yang berkualitas adalah tingkat kesadaran masyarakatsedangkan sebagai faktor pendukungnya adalah adanya jalinan komunikasi dankerja sama yang baik antara pihak aparatur kecamatan dengan perangkat desaserta tokoh masyarakat.
Kata Kunci : Perangkat Desa, Kualitas Pelayanan, dan Otonomi Desa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Desa, Kualitas Pelayanan, dan Otonomi Desa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Department: S1 - Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Perpus UWP .
Contributors:
Contribution
Name
NIDN
Email
Thesis advisor
Dewi, Suprobowati
0724076801
Dewi
Date Deposited: 21 Apr 2025 03:01
Last Modified: 21 Apr 2025 03:05
URI: https://repository.uwp.ac.id/id/eprint/2418

Actions (login required)

View Item
View Item