Analisis Pelayanan Publik Pada Bidang Transportasi Mass Rapid Transit (MRT) Di Jakarta

Bagus, Ariono (2020) Analisis Pelayanan Publik Pada Bidang Transportasi Mass Rapid Transit (MRT) Di Jakarta. Undergraduate thesis, Universitas Wijaya Putra.

[thumbnail of Analisis Pelayanan Publik Pada Bidang Transportasi Mass Rapid Transit  (MRT) Di Jakarta] Text (Analisis Pelayanan Publik Pada Bidang Transportasi Mass Rapid Transit (MRT) Di Jakarta)
0410000001772.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kemacetan di Ibukota Indonesia yaitu DKI Jakarta merupakan masalah yang tak kunjung usai. Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk mengurangi kemacetan. Salah satunya dengan optimalisasi penggunaan transportasi publik yaitu Mass Rapid Transit (MRT). Penelitian dengan Judul “Analisis Pelayanan Publik pada Bidang Transportasi Mass Rapid Transit (MRT) di Jakarta”, memiliki rumusan masalah bagaimana mekanisme pelayanan MRT di kota Jakarta dan bagaimana standarisasi pelayanan MRT berdasarkan peraturan pemerintah daerah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme pelayanan MRT di Jakarta dan peraturan pemerintah daerah mengenai pembangunan MRT di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif atau penelitian kepustakaan. Sumber data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer yaitu berasal dari skripsi, jurnal, dan portal resmi MRT., data sekunder yaitu berasal dari pendapat dalam artikel dan media massa yang meliput mekanisme dan pelayaan MRT. Data-data dianalisa menggunakan metode deskriptif analis. Landasan teori yang digunakan adalah teori milik Levine yaitu tiga dimensi pelayanan publik. Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh kesimpulan bahwa Mass Rapid Transit memiliki mekanisme pelayanan yang baik dan dapat dirasakan langsung oleh pengguna MRT. Pelayanan yang diberikan sudah sesuai dengan Pergub DKI Jakarta Nomor 95 Tahun 2019 yang mengutamakan keselamatan, keamanan, keandalan, kenyamanan, kemudahan, dan kesetaraan. Kebijakan pemerintah dan pengelola MRT bersinergi untuk meningkatkan jumlah penumpang setiap bulan. Hal ini menunjukkan bahwa minat pengguna MRT bertambah dan kemacetan di Jakarta berkurang.
Kata Kunci : Kemacetan, MRT, Jakarta, Transportasi, Pelayanan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemacetan, MRT, Jakarta, Transportasi, Pelayanan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Department: S1 - Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Perpus UWP .
Contributors:
Contribution
Name
NIDN
Email
Thesis advisor
Suprayoga, Suprayoga
0702096402
Date Deposited: 17 Apr 2025 07:10
Last Modified: 17 Apr 2025 07:12
URI: https://repository.uwp.ac.id/id/eprint/2298

Actions (login required)

View Item
View Item