Bagus, Ariono (2020) Analisis Pelayanan Publik Pada Bidang Transportasi Mass Rapid Transit (MRT) Di Jakarta. Undergraduate thesis, Universitas Wijaya Putra.
![[thumbnail of Analisis Pelayanan Publik Pada Bidang Transportasi Mass Rapid Transit (MRT) Di Jakarta]](https://repository.uwp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
0410000001772.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Kemacetan di Ibukota Indonesia yaitu DKI Jakarta merupakan masalah yang tak kunjung usai. Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk mengurangi kemacetan. Salah satunya dengan optimalisasi penggunaan transportasi publik yaitu Mass Rapid Transit (MRT). Penelitian dengan Judul “Analisis Pelayanan Publik pada Bidang Transportasi Mass Rapid Transit (MRT) di Jakarta”, memiliki rumusan masalah bagaimana mekanisme pelayanan MRT di kota Jakarta dan bagaimana standarisasi pelayanan MRT berdasarkan peraturan pemerintah daerah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme pelayanan MRT di Jakarta dan peraturan pemerintah daerah mengenai pembangunan MRT di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif atau penelitian kepustakaan. Sumber data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer yaitu berasal dari skripsi, jurnal, dan portal resmi MRT., data sekunder yaitu berasal dari pendapat dalam artikel dan media massa yang meliput mekanisme dan pelayaan MRT. Data-data dianalisa menggunakan metode deskriptif analis. Landasan teori yang digunakan adalah teori milik Levine yaitu tiga dimensi pelayanan publik. Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh kesimpulan bahwa Mass Rapid Transit memiliki mekanisme pelayanan yang baik dan dapat dirasakan langsung oleh pengguna MRT. Pelayanan yang diberikan sudah sesuai dengan Pergub DKI Jakarta Nomor 95 Tahun 2019 yang mengutamakan keselamatan, keamanan, keandalan, kenyamanan, kemudahan, dan kesetaraan. Kebijakan pemerintah dan pengelola MRT bersinergi untuk meningkatkan jumlah penumpang setiap bulan. Hal ini menunjukkan bahwa minat pengguna MRT bertambah dan kemacetan di Jakarta berkurang.
Kata Kunci : Kemacetan, MRT, Jakarta, Transportasi, Pelayanan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemacetan, MRT, Jakarta, Transportasi, Pelayanan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara |
Department: | S1 - Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Perpus UWP . |
Contributors: | Contribution Name NIDN Email |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 07:10 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 07:12 |
URI: | https://repository.uwp.ac.id/id/eprint/2298 |