Kinerja Perangkat Desa Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Studi Kasus Di Desa Kepatihan Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik)

Titis, Hanggayuh Sari (2019) Kinerja Perangkat Desa Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Studi Kasus Di Desa Kepatihan Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik). Undergraduate thesis, Universitas Wijaya Putra.

[thumbnail of Kinerja Perangkat Desa Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik   (Studi Kasus Di Desa Kepatihan Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik)] Text (Kinerja Perangkat Desa Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Studi Kasus Di Desa Kepatihan Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik))
0410000001762.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Birokrasi pemerintah semestinya mampu bertindak secara cepat dan tepat dalam memberikan pelayanan publik dan menanggapi persoalan yang ada. Akan tetapi, pelayanan publik di Indonesia masih terlihat buruk dikarenakan banyaknya pelayanan publik yang dikeluhkan oleh masyarakat. Oleh karena itu, upaya meningkatkan kinerja birokrasi dalam pelayanan publik sangat diperlukan, termasuk kinerja perangkat desa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja perangkat desa dalam penyelenggaraan pelayanan publik di Desa Kepatihan. Lokasi penelitian pada Kantor Balai Desa Kepatihan Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Metode yang digunakan deskripsi kuantitatif, dengan teknik pengambilan simple random sampling yaitu 100 responden dari masyarakat Desa Kepatihan. Pengumpulan data berdasarkan kuesioner yang telah disebarkan peneliti ke masyarakat Desa Kepatihan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja perangkat Desa Kepatihan di Balai Desa Kepatihan Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik dengan 14 indikator variabel kinerja termasuk dalam kategori baik dengan perolehan prosentase kinerja rata-rata sebesar 77,14% walaupun ada bagian atau indikator yang belum sesuai dengan harapan masyarakat. Dimana indikator mengenai kepastian jadwal pelayanan menempati posisi prosentase terendah yaitu 62.40%. Sedangkan indikator kewajaran biaya pelayanan menempati posisi prosentase tertinggi yaitu 86,00%.
Kata Kunci : Kinerja, Perangkat Desa, Pelayanan Publik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Perangkat Desa, Pelayanan Publik
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Department: S1 - Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Perpus UWP .
Contributors:
Contribution
Name
NIDN
Email
Thesis advisor
Sri, Juni Woro Astuti
0709066602
Date Deposited: 16 Apr 2025 12:22
Last Modified: 16 Apr 2025 12:23
URI: https://repository.uwp.ac.id/id/eprint/2288

Actions (login required)

View Item
View Item