Frederick, Malming Gundi (2018) Pelayanan Administrasi Pertanahan di Kantor Pertanahan Surabaya I (Perbandingan Kinerja Pelayanan Melalui Program Larasita dan PTSL). Undergraduate thesis, Universitas Wijaya Putra.
![[thumbnail of Pelayanan Administrasi Pertanahan di Kantor Pertanahan Surabaya I (Perbandingan Kinerja Pelayanan Melalui Program Larasita dan PTSL).]](https://repository.uwp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
0410000001700.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Frederick Malming Gundi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Program StudiAdministrasi Publik, Universitas Wijaya Putra, Surabaya, Agustus 2018, KinerjaPelayanan Administrasi Pertanahan di Kantor Pertanahan Surabaya I(Perbandingan Kinerja Pelayanan Melalui Program Larasita dan PTSL).Pembimbing: Drs. Dwi Wahyu Prasetyono, M.Si. Program Layanan Rakyat untuk Sertifikasi Tanah (LARASITA) danPendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) merupakan program BadanPertanahan Nasional dalam bidang administrasi pertanahan terutama dalambendut pendaftaran tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui danmendeskripsikan kinerja pelayanan administrasi pertanahan di Badan PertanahanSurabaya Kantor Pertanahan Surabaya I melalui Program LARASITA dan PTSL.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatifdengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen penelitian dalam pengambilan dataadalah pedoman wawancara. Hasil wawancara terhadap responden merupakandata primer dan data sekunder dalam penelitian ini merupakan dokumentasi dalambentuk perundang – undangan serta foto lapangan tentang kegiatan LARASITAdan PTSL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sisi responsivitas tentang responserta usaha BPN Kantor Pertanahan Surabaya I dalam mengenali kebutuhanmasyarakat dalam program LARASITA ketika melakukan kepengurusan tanahsudah baik. Kemudian dari sisi responsibilitas yang menitikberatkan padapelaksanaan kegiatan Kantor Pertanahan Surabaya I telah dilakukan sesuai denganprinsip-prinsip administrasi yang benar atau sesuai dengan kebijakan yangdikeluarkan oleh Badan Pertanahan Nasional. Dari sisi akuntabilitas penelitimeneliti dan menggali lebih mendalam tentang keterbukaan pihak BPN KantorPertanahan Surabaya I dalam prosedur kepengurusan dalam LARASITA danPTSL serta pengaduan tentang keluhan berkaitan dengan program tersebut.
Kata Kunci: Program Layanan Rakyat untuk Sertifikasi Tanah (LARASITA) dan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program Layanan Rakyat untuk Sertifikasi Tanah (LARASITA) dan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara |
Department: | S1 - Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Perpus UWP . |
Contributors: | Contribution Name NIDN Email |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 12:09 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 12:11 |
URI: | https://repository.uwp.ac.id/id/eprint/2286 |