Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Di Puskesmas Manyar Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik

Lita, Handayani (2018) Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Di Puskesmas Manyar Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, Universitas Wijaya Putra.

[thumbnail of Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Di Puskesmas Manyar Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik] Text (Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Di Puskesmas Manyar Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik)
0410000001736.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Puskesmas sebagai penyedia pelayanan publik yaitupelayanan jasa kesehatan harus mampu memenuhi harapan dan tuntutan masyarakat. Masyarakatumumnya pasti memiliki keinginan mendapat pelayanan yang cepat,tepat,tanggap, bertanggung jawab, aman, bermutu, serta merata dan tidak diskriminatif.Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kualitas pelayanan yang terdiridari kelengkapansarana dan prasarana, kompetensi, kepatuhan, jaminan mutu danempati berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruhdimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari kelengkapan sarana dan prasarana,kompetensi, kepatuhan, jaminan mutu dan empati terhadap tingkat kepuasanpasien di UPT Puskesmas Manyar Kabupaten Gresik. Sampel pada penelitian iniadalah pasien Puskesmas Manyar sejumlah 100 Responden (rumus slovin) yang ditentukan melalui metodeAccidental Sampling(sampling kebetulan). Analisa Data di lakukan dengan mengumpulkan kuesioner dan diolahsecara kuantitatif dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel.Penentuan mutupelayanan dan penilaian kinerja mengacu pada keputusan Menteri PendayaanAparatur Negara Reformasi Birokrasi (PERMENPAN RB No.14 Tahun 2017)tentang penyusunan Survey Kepuasan Masyarakat di unit pelayanan Instansipemerintah. Hasil analisis menunjukkkan bahwa tingkat kepuasan rata-rata 3,174,besarnya nilai rata-rata tersebut termasuk dalam rentang nilai antara 3.0644 –3.532 atau jika di konversi menjadi 82,09 yang artinya mutu pelayanan KategoriBdengan penilaian kinerjaBaik) Dengan demikian untuk menjaga agar masyarakat terpuaskan denganpelayanan yang diberikan oleh UPT Puskesmas Manyar, kualitas pelayananmenjadi salah satu variabel penting yang perlu diperhatikan.Berdasar pada hal diatas dapat dijelaskan bahwa kualitas pelayanan ternyata memiliki pengaruh yangpositif terhadap kepuasan Pasien yang dilayani.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Pelayanan Mutu, Survey Kepuasan Masyarakat,Kepuasan Pasien Puskesmas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Pelayanan Mutu, Survey Kepuasan Masyarakat,Kepuasan Pasien Puskesmas.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Department: S1 - Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Perpus UWP .
Contributors:
Contribution
Name
NIDN
Email
Thesis advisor
Suprayoga, Suprayoga
0702096402
Date Deposited: 16 Apr 2025 11:16
Last Modified: 16 Apr 2025 11:17
URI: https://repository.uwp.ac.id/id/eprint/2275

Actions (login required)

View Item
View Item