Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Puskesmas Ujungpangkah Kabupaten Gresik

Masfiyah, Masfiyah (2018) Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Puskesmas Ujungpangkah Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, Universitas Wijaya Putra.

[thumbnail of Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Puskesmas Ujungpangkah Kabupaten Gresik] Text (Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Puskesmas Ujungpangkah Kabupaten Gresik)
0410000001737.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pemerintah memiliki kewajiban menyediakan pelayan kesehatan minimum yang dibutuhkan rakyatnya. Bagi penyelenggara pelayanan kesehatan prinsip yangharus dipegang dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat adalahbagaimana masyarakat puas dan nyaman dalam menerima pelayanan kesehatan yangdiberikan dan keberadaan Puskesmas sebagai media untuk memberikan pelayanankesehatan haruslah dijalankan dengan baik sehingga mutu pelyanan yang diberikansesuai dengan apa yang dikehendaki oleh masyarakat. Puskesmas adalah unitpelayanan teknis Dinas Kesehatan Kabupaten/kota yang bertanggung jawabmenyelenggarakan pembangunan kesehatan disuatu wilayah kerja (Kebijakan DasarPuskesmas, Depkes RI 2004). Keberadaan Puskesmas di tengah masyarakat sangatlahpenting karena yang diberikan oleh Pemerintah Daerah. Pelayanan kesehatan yangbaik yang mampu diberikan oleh penyelenggara pemerintahan secara tidak langsungakan meringankan beban pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakatterhadap pelayanan di UPT Puskesmas Ujungpangkah Kabupaten Gresik. Sampeldalam penelitian ini adalah pengguna layanan UPT Puskesmas Ujungpangkah.Metode pengambilan sampel menggunakan metode Accidental Sampling (samplingkebetulan). Dari metode tersebut, maka sampel yang diambil berjumlah 100responden (rumus slovin). Analisa Data di lakukan dengan mengumpulkan kuesioner dan diolah secarakuantitatif dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Proses dan analisis datasesuai dengan petunjuk dalam Peraturan MENPAN Nomor 14 Tahun 2017, sehinggasudah sesuai dengan Standart Nasional. Hasil analisis menunjukkkan bahwa tingkatkepuasan rata-rata 3,42, besarnya nilai rata-rata tersebut termasuk dalam rentangnilai antara 3.0644 – 3.532 atau jika di konversi menjadi 85,55 yang berarti termasukdalam kategori Baik. Sedangkan hasil analisis Tingkat Kepentingan/harapanmenunjukkan nilai rata-rata 3,72, besarnya nilai rata-rata tersebut termasuk dalamrentang nilai antara 3.5324 – 4.00 atau jika di konversi menjadi 93 yang berartitermasuk dalam kategori Sangat Baik. Dengan demikian untuk menjaga agarmasyarakat terpuaskan dengan pelayanan yang diberikan oleh UPT PuskesmasUjungpangkah, kualitas pelayanan menjadi salah satu variabel penting yang perludiperhatikan. Berdasar pada hal di atas dapat dijelaskan bahwa kualitas pelayananternyata memiliki pengaruh yang positif terhadap kepuasan Pasien yang dilayani.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien dan Harapan Pasien

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien dan Harapan Pasien
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Department: S1 - Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Perpus UWP .
Contributors:
Contribution
Name
NIDN
Email
Thesis advisor
Suprayoga, Suprayoga
0702096402
Date Deposited: 16 Apr 2025 11:09
Last Modified: 16 Apr 2025 11:10
URI: https://repository.uwp.ac.id/id/eprint/2274

Actions (login required)

View Item
View Item