Febronia, Setia Fernandez (2017) Efektivitas Pelayanan Aparat Desa Selama Masa Pendemi Covid-19 (Studi Kasus Di Desa Lalong Kecamatan Lembor Selatan Kabupaten Manggarai Barat). Undergraduate thesis, Universitas Wijaya Putra.
![[thumbnail of Efektivitas Pelayanan Aparat Desa Selama Masa Pendemi Covid-19 (Studi Kasus Di Desa Lalong Kecamatan Lembor Selatan Kabupaten Manggarai Barat)]](https://repository.uwp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
0410000001872.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Efektivitas suatu pelayanan tergantung dari cara pemerintah dalam melayani masyarakat,Indikator yang di gunakan untuk mengukur efektivitas yaitu waktu,kecermatan,kepastian dan ketepatan,serta gaya pemberi layanan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelayanan aparat desa selama masa pandemi covid 19. Jenis penelitian deskriptif kualitatif merupakan sebuah metode penelitian yang memanfaatkan data kualitatif dan di jabarkan secara deskriptif.Penelitian ini akan lebih di fokuskan pada efektivitas pelayanan aparat desa Lalong selama masa pandemi covid 19 dengan dengan sumber data yang di gunakan yaitu data primer skunder dan data primer.Peneliti melakukan penelitian secara langsung di lokasi penelitian yaitu Desa Lalong dengan mewawancarai secara langsung pemerintah desa Lalong dan juga masyarakat. Dalam penelitian,metode analisis data yang di gunakan yaitu pengumpulan,reduksi data,penyajian data,dan penrik kesimpulan dan triangulasi data yang di gunakan triangulasi sumber data.Triangulasi sumber data adalah menggali kebenaran informasi serta keakuratan data tertentu dengan menggunakan berbagai sumber data.Berdasarkan hasil analisis data,pelayanan aparat desa Lalong dapat di katakana sudah efektif jika di lihat dari indicator kebrhasilan efektivitas yaitu:Waktu:proses pelayanan yang cepat,kecermatan:pemerintah desa yang sangat teliti dalam memeriksa berkas sehingga memperoleh hasil yang sangat memuaskan,kecepatan dan ketepatan:respon dari aparat desa yang sangat baik dan waktu penyelesaian yang selalu tepat serta hasil yang di peroleh,gaya pemeberian pelayanan:pemberian layanan yang unik,selain petugas yang ramah,sopan,aparat desa terkadang mendatangi rumah masyarakat untuk memberikan hasil dari permohonan pelayanan. Kata Kunci : Pelayanan,Efektivitas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan,Efektivitas. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara |
Department: | S1 - Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Perpus UWP . |
Contributors: | Contribution Name NIDN Email |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 08:16 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 08:19 |
URI: | https://repository.uwp.ac.id/id/eprint/2244 |