Selamet, Riyadi (2022) Elemen Sukses Penerapan E-Government Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan (Study Di Kantor Kecamatan Cerme). Undergraduate thesis, Universitas Wijaya Putra.
![[thumbnail of Elemen Sukses Penerapan E-Government Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan (Study Di Kantor Kecamatan Cerme)]](https://repository.uwp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
0410000001859.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Pemerintah Kabupaetn Gresik melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membangun inovasi di bidang pelayanan Administrasi Kependudukan secara daring, guna menerapkan E-Government yang berkesinambungan sampai level paling bawah yakni Pemerintah Desa. Pelayanan Online Pendaftaran Administrasi Kependudukan (Poedak) diimplementasikan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik, Kantor Kecamatan se-Kabupaten Gresik bahkan sampai ke desa. Bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan memberikan pelayanan administrasi kependudukan secara efektif dan efisien. Pemanfaatan teknologi informasi tersebut diimplentasikan oleh Pemerintah Kecamatan Cerme sampai tingkat desa. Sehingga masyarakat lebih mudah dan cepat dalam menerima pelayanan dimaksud, perlu diperhatikan tentang bagaimana elemen elemen sukses dalam menerapkan E-Government tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui elemen sukses penerapan EGovernemnt dalam pelayanan administrasi kependudukan melalui Aplikasi Poedak di Kantor Kecamatan Cerme. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian Deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan 3 elemen sukses dalam menerapkan E-Government di Kantor Kecamatan Cerme, yaitu: 1). Elemen Support yaitu adanya dukungan atau kemauan pimpinan instansi dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga pemerintah desa untuk menerapkan EGovernment dan adanya aturan yang mendukung penerapan E-Government tersebut . 2). Elemen Capacity yang meliputi tersedianya Sumber daya finansial yang berasal dari APBD untuk Pemerintah Kabupaten dan Kecamatan serta APBDes untuk pemerintah desa, tersedianya Sumber daya infrastruktur yang mendukung penerapan E-Government seperti Komputer, print, wifi dll, dan tersedianya Sumber daya manusia yang berkompeten dalam pelaksanaan EGovernment atau pelayanan online. Dan yang ke 3). Elemen Value terkait manfaat yang dirasakan oleh Instansi Pemerintah dalam hal ini Pemerintah Kecamatan Cerme sebagai pemberi pelayanan online kepada Masyarakat yang dimana penerapan E-Government ini memberikan manfaat yang signifikan dari segi inovasi dalam pelayanan yang efektif dan efisien, Sedangkan manfaat yang dirasakan masyarakat sebagai penerima layanan yakni adanya kemudahan mendapat pelayanan secara cepat efektif dan efisien dari sisi waktu dan biaya.
Kata Kunci : Elemen Sukses dan Aplikasi Poedak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Elemen Sukses dan Aplikasi Poedak |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform J Political Science > JA Political science (General) J Political Science > JF Political institutions (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara |
Department: | S1 - Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Perpus UWP . |
Contributors: | Contribution Name NIDN Email |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 22:52 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 22:54 |
URI: | https://repository.uwp.ac.id/id/eprint/2214 |