Armina, Diana (2021) Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Pdam Kabupaten Gresik (Studi Pada Kantor Pusat Perusahaan Daerah Air Minum Kab. Gresik). Undergraduate thesis, Universitas Wijaya Putra.
![[thumbnail of Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Pdam Kabupaten Gresik (Studi Pada Kantor Pusat Perusahaan Daerah Air Minum Kab. Gresik)]](https://repository.uwp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
0410000001850.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan , kelemahan , peluang , dan tantangan dalam meningkatkan kualitas pelayanan PDAM Kab.Gresik dan mengetahui rekomendasi strategi untuk meningkatan kualitas pelayanan PDAM Kab. Gresik. Latar belakang dari penelitian ini yaitu banyaknya keluhan dari pelanggan kepada PDAM Kab.Gresik sebagaimana keluhan tersebut mempunyai point” yang sama namun belum teratasi secara maksimal. Dalam penelitian ini teori yang digunakan yaitu teori kualitas pelayanan oleh parasuraman dengan 5 dimensi yaitu Bukti Langsung , Keandalan , Daya Tanggap , Jaminan , Empati serta menggunakan Analisis SWOT .Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian di Kantor Pusat PDAM Giri Tirta Kab.Gresik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara , dokumentasi , obsevasi . Adapun pengujian dari 5 dimensi tersebut yang memiliki titik lemah yaitu dari dimensii keandalan , daya tanggap , dan empati yang banyak dikeluhkan oleh pelanggan . Dan hasil dari analisis SWOT sendiri yaitu Kekuatan:Disediakan layanan online sehingga tanpa perlu datang ke kantor,. Kelemahan:Sistem informasi layanan pengaduan belum berfungsi secara optimal . Peluang :Tidak ada daya saing dari pihak. Ancaman :Slowrespon layanan pengaduan membuat tingkat komplain semakin tinggi . Sehingga dapat ditarik kesimpulan dari penelitian ini bahwa kualitas pelayanan PDAM Giri Tirta masih kurang baik jika diihat dari kekuatan , kelemahan , peluang dan ancaman , maka dari itu direkomendasikan sebuah strategi yaitu , menciptakan automating quality , mengembangkan/ mengupgrade sistem informasi layanan pelayanan, mendidik konsumen tentang layanan pengaduan,menumbuhkembangkan budaya kualitas, penambahan pegawai (SDM) teknisi berkualitas. Kata kunci : Strategi kualitas pelayanan , PDAM Kab.Gresik , SWOT .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi kualitas pelayanan , PDAM Kab.Gresik , SWOT . |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara |
Department: | S1 - Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Perpus UWP . |
Contributors: | Contribution Name NIDN Email |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 04:19 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 04:23 |
URI: | https://repository.uwp.ac.id/id/eprint/2197 |