Andy, Rachmat Prasetyo (2024) Rancang Bangun Chatbot Pada Pelayanan Yankomas (Layanan Komunikasi Masyarakat) Di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perak Menggunakan Dialogflow. Undergraduate thesis, Universitas Wijaya Putra.
![[thumbnail of Sistem Rekomendasi Pakaian Dalam Menggunakan Metode Collaborative Filtering Berbasis Website]](https://repository.uwp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
0230000000055.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dapat diterapkan padapelayanan dan fasilitas pemerintah daerah yang membantu memenuhi kebutuhanmasyarakat lokal di bidang ekonomi, sosial, politik, dan administrasi. Penelitian inibertujuan untuk merancang dan membangun chatbot pada layanan Yankomas(Layanan Komunikasi Masyarakat) di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perakmenggunakan Dialogflow dan framework Laravel. Chatbot ini dibuat untukmeningkatkan aksesibilitas layanan serta kemampuan menanggapi pertanyaandari masyarakat terkait informasi dan layanan di Kantor Imigrasi TPI TanjungPerak. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur, analisiskebutuhan, perancangan sistem, implementasi, dan pengujian. Hasil yangdiharapkan adalah chatbot yang dapat memberikan informasi dengan cepat,akurat, dan tersedia 24/7 sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan sertamembantu mengoptimalkan produktivitas pegawai. Integrasi antara Dialogflowdan Laravel memungkinkan pengembangan yang lebih fleksibel dan efisien.Chatbot ini diuji coba kemampuannya dalam menjawab berbagai pertanyaanterkait layanan Kantor Imigrasi TPI Tanjung Perak. Penelitian ini menggunakanDialogflow untuk merancang dan membangun chatbot untuk layanan Yankomasdi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perak. Chatbot juga dapat dibuat untukmemberikan layanan dan informasi seperti informasi tentang pengurusan paspordan mengecek proses alur kepengurusan, serta layanan lain yang terkait denganKantor Imigrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa chatbot mampumeningkatkan aksesibilitas layanan, meningkatkan produktivitas pegawai, danmemberikan informasi dengan cepat dan akurat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Chatbot, Dialogflow, Laravel, Pelayanan |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika |
Department: | S1 - Teknik Informatika |
Depositing User: | Perpus UWP . |
Contributors: | Contribution Name NIDN Email Thesis advisor Isnaini, Muhandhis 0716118803 UNSPECIFIED |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 06:06 |
Last Modified: | 13 Dec 2024 04:46 |
URI: | https://repository.uwp.ac.id/id/eprint/18 |