Dewi, Mulia Sari (2016) Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Net Profit Margin (NPM) Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014. Undergraduate thesis, Universitas Wijaya Putra.
![[thumbnail of Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Net Profit Margin (NPM) Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014]](https://repository.uwp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
0120000000633.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Perusahaan dalam mengembangkan diri harus tetap memperhatikan aspek sosial (people) dan lingkungan (planet) di samping aspek ekonomi (profit). Perbedaan karakteristik tiap perusahaan menyebabkan tanggung jawab sosial perusahaan berbeda-beda. Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh ukuran perusahaan dan Net Profit Margin (NPM) sebagai variabel independen terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai variabel dependen. Sampel perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 36 sampel. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan tahunan (annual report) dan laporan keuangan (financial report) perusahaan manufaktur yang telah dipublikasikan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 16. Dari hasil analisis secara parsial menunjukkan bahwa data ukuran perusahaan nilai sig 0,007 < 0,05 berpengaruh positif signifikan terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) sedangkan Net Profit Margin (NPM) nilai sig 0,049 > 0,05 berpengaruh signifikan adanya hubungan negatif terhadap Corporate Social Responsibility (CSR).Sementara secara simultan ukuran perusahaan dan Net Profit Margin (NPM) terbukti berpengaruh signifikan terhadap CSR (Corporate Social Responsibility). Kemampuan prediksi dari kedua variabel tersebut terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) sebesar 23.7% sebagaimana ditunjukkan oleh besarnya adjusted R square (R2 ) sebesar 23.7%, sedangkan sisanya 76.3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian. Kata Kunci : Ukuran Perusahaan, Net Profit Margin (NPM) dan Corporate Social Responsibility (CSR)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ukuran Perusahaan, Net Profit Margin (NPM) dan Corporate Social Responsibility (CSR) |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Department: | S1 - Akuntansi |
Depositing User: | Perpus UWP . |
Contributors: | Contribution Name NIDN Email |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 08:03 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 08:04 |
URI: | https://repository.uwp.ac.id/id/eprint/1681 |