Pengaruh CAR, NPL, dan LDR terhadap ROA pada bank Pemerintah (Studi Kasus Bursa Efek Indonesia Periode 2009 - 2015).

Desy, Fajar Eka Wahyuni (2017) Pengaruh CAR, NPL, dan LDR terhadap ROA pada bank Pemerintah (Studi Kasus Bursa Efek Indonesia Periode 2009 - 2015). Undergraduate thesis, Universitas Wijaya Putra.

[thumbnail of Pengaruh CAR, NPL, dan LDR terhadap ROA pada bank  Pemerintah  (Studi  Kasus  Bursa  Efek  Indonesia  Periode  2009  -  2015).] Text (Pengaruh CAR, NPL, dan LDR terhadap ROA pada bank Pemerintah (Studi Kasus Bursa Efek Indonesia Periode 2009 - 2015).)
0120000000770.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel Capital Aduquacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), dan Loan to Deposit Ratio (LDR), terhadap Return On Asset (ROA) pada bank pemerintah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2015 . Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling, dengan sampel sejumlah 28 yang di dapat dari laporan rasio keuangan selama 7 tahun periode dari tahun 2009 sampai 2015 pada 4 Bank Pemeritah . Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dan uji hipotesis mengunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial . Selain itu juga dilakukan uji Asumsi Klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heterokedastisitas dan uji autokolerasi. Selama periode pengamatan menunjukan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Adapun hasil dari perhitungan dengan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 21 yaituY’ = 6.147 + 0,010 -0,242 - 0,034 . Pada tabel Model Summary R square ( ) diketahui sebesar 0,326 , hal ini menunjukan bahwa 32,6 % persentase pengaruh variabel (CAR, NPL, dan LDR) terhadap ROA, sisanya 67,4 % dipengaruhi oleh variabel yang tidak dimasukan dalam model penelitian ini . Adapun hasil uji normalitas nilai Kolmogorov-Sminorvsebesar 0,544 > 0,05 yang berarti normal. Darihasil uji Multikolinearitas diperoleh nilai Tolerance variabel CAR, NPL, dan LDR (0,819 , 0,533 , 0,504) lebih dari 0,10 dan nilai VIF variabel CAR, NPL, dan LDR (1,221 , 1,875, 1,982) kurang dari 10. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak terjadi masalah multikolinearitas pada model regresi . Uji Heterokedastisitas mengunakan uji Glejser di peroleh hasil dari variabel CAR, NPL, dan LDR (0,371 , 0,083 , 0,010) lebih dari 0,05 dan dapat disimpulkan bahwa tidak terjadi masalah heterokedastisitas pada model regresi . Uji Autokolerasi tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari Asumsi Klasik yang dibuktikan dengan hasil Uji Runs sebesar 0,012 > 0,05 yang menunjukan tidak terjadi gangguan Autokolerasi pada model regresi . Pengujian hipotesis untuk variabel CAR diperoleh hasil t hitung < tabel (0,096 < 2,063) maka Ho diterima atau dpat disimpulkan CAR tidak berpengaruh terhadap ROA . Variabel NPL diperoleh hasil t hitung < t tabel (- 1,051 < 2,063) maka Ho diterima atau dapat dikatakan NPL tidak berpengaruh terhadap ROA, dan Variabel LDR diperoleh hasil t hitung < t tabel (-1,655 < 2,063) yang berarti Ho diterima dan dapat disimpulkan LDR tidak berpengaruh terhadap ROA .
Kata Kunci : CAR, NPL, LDR, dan ROA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: CAR, NPL, LDR, dan ROA
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Department: S1 - Akuntansi
Depositing User: Perpus UWP .
Contributors:
Contribution
Name
NIDN
Email
Thesis advisor
Moh., Sodikin
0721056601
Date Deposited: 25 Mar 2025 04:42
Last Modified: 25 Mar 2025 04:42
URI: https://repository.uwp.ac.id/id/eprint/1616

Actions (login required)

View Item
View Item